Kamis, 24 Februari 2011

Tugas 2K ( tugas Kamis ke 2 )


  1. Apa yang saudara ketahui tentang Efisiensi?

Efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimumSebagai contoh untuk menyelesaikan sebuah tugas, cara A membutuhkan waktu 1 jam sedang cara B membutuhkan waktu 2 jam, maka cara A lebih efisien dari cara B. Dengan kata lain tugas tersebut dapat selesai menggunakan cara dengan benar atau efisiensi.

  1. Ada Syarat-syarat dalam pencapaian efesiensi, sebutkan dan jelaskan syarat-syarat yag di maksud!

1.       Berhasil guna/efektif. Untuk menyatakan bahwa kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat, artinya target tercapai sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
2.       Ekonomis. Untuk menyebutkan bahwa di dalam usaha pencapaian efektif termaksud, maka biaya, tenaga kerja, material, peralatan, waktu, ruangan dan lain sebagainya, telah dipergunakan setepat-tepatnya.
3.       Pelaksanaan kerja yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk membuktikan bahwa di dalam pelaksanaan kerja, sumber-sumber telah dimanfaatkan dengan setepat-tepatnya dan dilaksanakan penuh tanggungjawab sesuai yang telah ditetapkan.
4.       Rasionalitas wewenang dan tanggungjawab.Jangan sampai terjadi, seseorang mempunyai wewenang yang lebih besar dari tanggungjawabnya, sebaliknya jangan sampai terjadi wewenang lebih kecil dari tanggungjawabnya.
5.       Prosedur kerja yang praktis dapat dikerjakan dan dapat dilaksanakan. Pelaksanaan kerja yang dapat dipertanggungjawabkan serta pelayanan kerja yang memuaskan tersebut, haruslah merupakan kegiatan operasional yang dapat dilaksanakan dengan lancar.

  1. Bagaimana cara-cara untuk Meningkatkan efesiensi?
  •           Pelaksanaan fungsi manajemen secara tepat.
  •           Pemanfaatan sumber – sumber daya ekonomi yang tepat.
  •           Pelaksanaan fungsi – fungsi organisasi sebagai alat pencapaian        tujuan yang  setepat – tepatnya.
  •          Pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan yang berkesinambungan.


  1. Sebutkan Kegiatan-kegiatan yang termasuk ruang lingkup atau scope dalam O&M!
- Analisis organisasi
- Komunikasi dalam organisasi
- Tata kerja, prosedur dan system kerja
- Pentingnya filling
- Penyimpanan data & dokumen
- Formulir
- Pendayagunaan mesin kantor & peralatan
- Penyusunan tata ruang & perencanaannya
- Penulisan laporan
- Penyusunan buku pedoman kerja
- Penyusunan Anggaran belanja
- Analisis kepegawaian


  1. Menurut saudara apa yang telah di lakukan perusahaan NOKIA di Indonesia efektif atau belum dalam menghadapi persaingan dengan brand local dan brand-brand terkenal seperti Sony Ericsson Samsung, LG, Iphone, Blackberry? Jelaskan pendapat saudara!


Menurut yang saya lihat akhir tahun ini, perusahaan NOKIA sudah cukup efektif dalam menjaring pasar di Indonesia, hal ini dapat dilihat ketika konsumen diberikan pertanyaan “pilih NOKIA , Iphone, Blackberry, Sony Ericsson,Samsung, atau LG ?”
Dari ke-5 teman saya yang sedang online, mereka menjawab untuk nokia 3, Blackberry 1, iPhone 1, Alasan mereka memilih NOKIA adalah terletak pada friendly to use-nya.
Namun yang saya amati belakangan ini, banyak dari pengguna handphone NOKIA yang beralih ke Blackberry dengan alasan adanya sokongan fitur Blackberry messenger-nya. Sebenarnya di handphone NOKIA sendiri sudah memiliki fitur yang sejenis ini, namun sayangnya kurang familiar.

Kesimpulannya adalah : perusahaan NOKIA sudah cukup efektif dalam menghadapi persaingan dengan brand local dan brand-brand terkenal, yang perlu ditingkatkan adalah peningkatan fitur baru, promosi pasar dan iklan yang sudah jarang saya lihat terutama di TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar